30 Hari Bisa Speaking | Hari ke-5: Belajar CAN & BE ABLE

Hari ke-5 aduh pas malam minggu nih guys. Ada yang menikmatinya dengan pasangan, ada juga yang menikmatinya bersama keluarga dirumahnya, daripada galau mendingan kita lanjutin belajarnya yu 😁 Always positive thinking.

Kita membahas kemampuan atau dalam bahasa Inggris disebut "ability".

Bagaimana cara mengungkapkan kemampuan/ability dalam bahasa Inggris???
Untuk mengungkapkan kemampuan/ability, kita menggunakan kata can dan be able.

Image result for can and be able
Sumber gambar: Eikawa

Berikut adalah contoh-contoh kalimatnya:

  • I can't help you.I am busy. (Saya tidak bisa membantumu. Saya sibuk.)
  • I'm unable to help you. (Saya tidak bisa membantumu)
  • When I was young I was able to earn my living pretty well; I could work hard. Now I can't. I'm too old. (Dulu ketika aku masih muda aku bisa mendapatkan penghasilan dengan cukup baik; Aku bisa bekerja keras. Sekarang Aku tidak bisa. Aku terlalu tua)
  • I can stand on my head for five minutes. (Aku bisa menahannya selama lima menit)
  • Can you speak Arabic? (Kamu bisa bahasa Arab?
  • Yes, I can (Ya, aku bisa)
Expressing Ability
In the present:
  • I can speak good English. (Aku bisa berbicara bahasa Inggris dengan baik)
  • I can't stand on my head. (Aku tidak bisa menahannya)
In the past:
  • I was unable to visit him. (Aku tidak bisa mengunjungi dia)
  • I couldn't eat at all when I was ill. (Aku tidak bisa makan semuanya disaat aku sakit)
In the future:
  • I will be able to buy a house when I get a good job. (Aku akan dapat membeli rumah saat aku sudah dapat kerjaan)
  • The teacher can assist you after class if you have any questions. (Guruku dapat membantu)
Yang harus di ingat!!!
  • Can selalu di ikuti oleh infinitive dengan "to."
    Contohnya:
    I can ride my bike and I can drive a car, but I can't drive a lorry.
  • Can dimasa lampau menjadi was able atau could
    Contohnya:
    When I was young I was able to earn my living pretty well. Now I can't; I'm too old.
    I couldn't hear what he was saying.
  • Can dimasa yang akan datang diganti dengan will be able.
    Contohnya:
    When I finish my studies, I will be able to find a job.
Thank you so much, sudah setia berkunjung 😉 jangan lelah untuk terus belajar.

Comments