Kenapa Ada Orang yang Gampang Tidur dan Susah Tidur? Ini Jawabannya!

Sumber gambar: KokBisa

 Saat kita traveling atau jalan-jalan Bersama teman, ada saja kelakuan kita atau bahkan teman kita yang jahil, salah satunya mengabadikan kita saat sedang tidur. Biasanya yang jadi korban itu ya si pelor, nempel langsung molor 😊 Hmm… kenapa ada yang gampang tidur sedangkan ada juga yang susah tidur? Berikut akan kita bahas dibawah.

Sumber gambar: Kokbisa
Secara normal, orang biasanya terlelap dalam tidur dalam rentang waktu 10-20 menit. Seperti biasa sebelum terlelap tidur, kita biasanya membuka mulut sebesar kuda nil, alias menguap. Nah itulah penyebab kita tertidur yang diakibat salah satu zat di otak kita yang bernama Adenosine.

Jadi adenosine ini adalah zat kimia penting yang ada disetiap sel tubuh kita. Ibarat guru BK yang sudah Lelah mendengarkan dan mencatat curhatan murid-murid yang kemudian dikasih ke kepala sekolah (yaitu si otak) untuk mengasih solusi, yaitu untuk tidur.

Sumber gambar: Kokbisa
Makanya semakin banyak energi yang keluar, entah itu bermain basket dilapangan dengan teman, dorong gerobak bakso atau mantengin layer computer secara berjam-jam (kaya yang buat artikel ini), zat ini (Adenosine) akan bertambah yang membuat mata terasa lelah dan berat dan akhirnya terlelap tak sadarkan diri. Selayaknya bayar hutang, tidur itu menurunkan zat Adenosine. Merasa ngantuk kita akan terus berkurang.


Sumber gambar: Kokbisa
Cepatnya rasa ngantuk ini sebenarnya dipengaruhi berbagai hal, seperti kebiasaan tidur, gaya makan, olahraga, termasuk faktor usia juga. Namun pada faktanya orang yang susah tidur meskipun sudah sangat cape, tetapi orang yang gampang tidur tidak akan terbangun walaupun sudah tidur begitu lama. Ternyata di bagian otak kita, ada “jam” yang menentukan waktu kapan kita rtidur dan bangun. Hal ini dipengaruhi oleh cahaya yang masuk ke mata kita. Maka dari itu dibelahan dunia, orang memiliki jam tidur yang berbeda-beda.

Fakta unik, di Amerika Serikat, para militer mencari cara agar cepat tidur hanya dalam waktu 2 menit, agar para tantara mereka dapat tidur di kondisi bagaimanapun supaya cukup beristirahat untuk meningkatkan konsentrasi mereka.

Conclusion: Tidur dipengaruhi berbagai macam faktor. Tidur terlalu cepat bisa jadi masalah, apalagi yang susah tidur tentu jadi masalah juga.

Thank you very much yang sudah membaca, semoga ilmu kalian bertambah 😊

Comments

  1. I get many new fact from this article. Hope you more often to post fun fact like this. Excellent 😍

    ReplyDelete

Post a Comment