Kesalahan Umum yang Harus Dihindari Dalam Hidup

Setiap pernah melakukan kesalah dalam melangkah menjalani hidupnya. akan tetapi ada beberapa nasehat yang sebaiknya diperhatikan. Berikut nasihat-nasihat tersebut.
Source: Quora
  1. Menyalahkan orang lain. Tak peduli seberapa keras orang menekan atau memaksa kamu, keputusan akhir ada di tangan kamu sendiri. Kamu tidak akan mendapatkan apapun dengan menyalahkan orang lain.
  2. Jangan menunggu saat yang tepat. Tidak ada yang namanya saat yang tepat. Atau, malah, bisa jadi semuanya adalah "saat yang tepat" jika kamu mampu melihatnya dengan benar.
  3. Bergantung pada motivasi. Coba, seberapa sering kamu merasa termotivasi. Seberapa banyak masalah bisa terselesaikan dengan hal tersebut? Atau memang itu yang ingin kamu pertaruhkan untuk masa depan kamu.
  4. Berkomitmen keras. Berpikiran terbukalah, karena segala hal di dunia ini berubah. Silahkan berkomitmen semampu kamu, namun jangan ragu untuk melepasnya (baca: komitmen) ketika memang itu sudah waktunya.
  5. Terpuruk dalam kegagalan. Orang bisa saja gagal. Hal yang wajar, kok. Terima hal tersebut lalu bangkitlah untuk memperbaikinya.
  6. Terlalu rendah memaknai diri. Kamu sebenarnya lebih dari yang kamu kira. Kegagalan, kesalahan, dan berbagai masalah yang menimpa hidupmu tidak serta merta menghakimi siapa diri kamu. Hal-hal tersebut hanyalah sebagian kecil dari bagian hidupmu.
  7. Terus bersama orang yang salah. Jika berada/bergaul dengan seseorang malah membuatmu jadi merasa lebih insecure. Tinggalkan mereka!
  8. Melakukan hal yang keliru. Hal yang sama seperti di atas berlaku juga untuk hobi atau kegiatan yang sering kamu lakukan. Jika tidak ada manfaatnya, tinggalkan.
  9. Berhenti belajar. Kemajuan tidak dibawa begitu saja dari lahir. Kamu harus mau berkorban; waktu, tenaga. Jika tidak, kamu akan ketinggalan oleh orang lain.
  10. Terlalu takut. Biasanya hal yang paling kamu sesali adalah hal yang paling kamu takuti untuk dilakukan, bukan yang terlanjur dilakukan ataupun kesalahan yang terjadi setelahnya. Beranilah dan lakukan. Mungkin saja itu pilihan yang bisa membawa perubahan.
  11. Berharap semuanya tidak pernah berubah. Hubungan, cinta, pekerjaan, kesuksesan dan kebahagiaan, semuanya membutuhkan konsistensi. Jika kamu tidak menyempatkan waktu untuk menjaganya, jangan heran jika hal-hal tersebut berubah.
  12. Berharap tanpa berusaha. Semakin besar keinginan semakin besar pula harga yang harus dibayarkan. Ddan kamu harus selalu berusaha terlebih dahulu. Ingat hal itu sebelum berharap sesuatu terjadi untuk kamu.
  13. Tidak refleksi diri sendiri. Apa yang tidak kamu lakukan? Apa yang bisa kamu lakukan dengan lebih baik? Apakah kamu sudah bersungguh-sungguh? Benarkah hal itu? Sebelum menyalahkan orang lain atau kondisi yang ada, lihat dulu diri sendiri.
  14. Bermimpi kecil. Mimpi yang kecil tidak akan menginspirasimu dan kamu kemungkinan tidak akan termotivasi untuk meraihnya. Untuk mendapat penghasilan Rp 10 juta atau Rp 100 miliar bisa jadi upaya awalnya sama. Namun tentu saja untuk meraih yang Rp 100 miliar kamu akan bekerja lebih giat dan keras. Bermimpi besarlah.
  15. Membohongi diri sendiri. Lakukan apa yang ingin dan mau kamu lakukan. Membohongi diri sendiri tidak akan membuat jadi lebih hbaik.
  16. Mengelak tanggung jawab untuk diri sendiri. Pada akhirnya, kamu akan melihat ke belakang dan merenung apakah hidup kamu sudah baik. Akan menjadi sia-sia ketika kamu melakukan hal yang tidak orang lain lakukan, atau banyak orang kagum kepadamu, tetapi kamu sendiri malah tidak bahagia dengan hal tersebut. Beri porsi dan bertanggungjawablah untuk dirimu sendiri. Kesempatan tidak akan datang dua kali. Camkan itu!
Sumber: Quora
Kalo temen-temen udah pernah melakukan kesalahan yang mana aja nih?

Comments