Menghilangkan Stres Dengan 0 Rupiah

Stres adalah tekanan berlebihan yang menyebabkan hati teasa membeku  dan cara bepikir terhenti. (itulah pengertian konyol saya tentang stres).



Menurut saya sebagai manusia awam, ada beberapa penyebab stres, yaitu:
  1. Kebutuhan hidup yang berlebihan.
  2. Kurangnya "lembaran kertas" berhologram pak Soekarno dan sebagainya di dalam dompet (alias kurang duit).
  3. Komunikasi yang minim dengan dunia luar dan lingkungan sekitar.

Semua orang pernah merasakan hal yang disebutkan di atas, yaitu stres, begitupun dengan saya. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan atau dilaksanakan agar tingkatan stres berkurang atau bahkan hilang (berdasarkan pengalaman), yaitu:
1. Traveling; Piknik (orang Sunda menyebutnya seperti itu untuk mengartikan jalan-jalan) merupakan hal yang sangat menyenangkan, apalagi jika kegiatannya dilakukan dengan teman dan sahabat tercinta, sanak famili. Tidak perlu ke tempat jauh dan megah, cukup menyesuaikan saja dengan isi dompet kita saja.
 



2. Olahraga; Disamping menyehatkan badan, olahraga juga bisa menghilangkan stres, karena menurut ahli di bidangnya, stres itu terjadi karena kelebihan hormon kortisol. Disinilah fungsi olahraga, dengan oalhraga tubuh akan mengeluarkan/mendapatkan hormon endorfin.

 



3. Menulis; Menyimpan perasaan di dalam hati memang tidaklah enak, seseorang perlu media untuk tempat curhatan hatinya. Salah satunya yaitu dengan menulis. Untuk para perempuan biasanya mereka melakukannya di atas kertas buku diarinya, tetapi di jaman modern sekarang ini mereka lebih sering (bahkan ada yang setiap menit) menulis curhatannya di media sosial.
 



4. Membaca; Ini mungkin hal yang terasa sulit untuk sebagian orang lakukan, padahal efek yang ditimbulkan membuat pikiran kita lebih tajam. Untuk reader pemula seperti saya, tidak perlu langsung membaca buku akademik atau rumus-rumus , cukup membaca komik/majalah saja dahulu, seiring berjalannya waktu nanti akan berjalan ke tahap yang lebih serius (kaya yang mau nikah :D ).



5. Menonton; Menonton yang dilakukan disini tdak harus dilakukan di bioskop dengan membeli tiket, kita bisa menonton program yang sudah ada di televisi seperti tayangan komedi, pertandingan sepak bola, film drama korea. Apabila terasa membosankan, cobalah pinjam kaset DVD film terbaru (yang menurut kita itu merupakan genre film kesukaan kita) dari teman/saudara.



Dari ke 5 kegiatan di atas apabila melakukannya berlebihan bisa kecanduan, dan mengakibatkan kita terlalu bahagia, yang berakibat kita lupa pada kegiatan utama yang mengakibatkan kita stres :D

Comments